Resep Olahan Tempe: Resep Tempe Orek

resep tempe orek

Tidak semua makanan yang enak dan bergizi harus dibuat dari bahan makanan yang mahal, faktanya ada banyak sekali diantara pilihan bahan makanan murah, namun memiliki rasa yang nikmat dan kandungan gizi tinggi. Sebut saja diantaranya adalah tempe, siapa yang tidak mengenal bahan makanan khas Indonesia yang satu ini. merupakan olahan yang dibuat dari bahan dasar kedelai yang di fermentasi selama beberapa hari, sehingga nantinya menghasilkan jamur dan membuatnya jauh lebih padat. Jangan khawatir karena jamur disini aman untuk kesehatan. Resep tempe orek yang dapat dibuat sendiri nyatanya juga sangat beragam.

Beberapa orang biasa mengolahnya dengan cara digoreng, karena dengan menggorengnya maka akan membuat rasa bahan makanan yang satu ini menjadi lebih gurih. Hanya saja tidak jarang juga yang memilih memasaknya dengan cara mengukus atau bahkan dibuat sayur. Semuanya bergantung dengan selera masing-masing. Namun bagi yang ingin mengolah tempe menjadi makanan yang nikmat namun praktis maka bisa mencoba resep olahan tempe .

Tempe orek ini merupakan salah satu menu makanan tradisional yang disukai oleh masyarakat Indonesia, juga tergolong tahan lama sehingga biasanya digunakan untuk bekal. Berikut ini diantara resep pembuatannya.

Bahan-bahan:

  • 500 gram tempe, potong korek
  • 3 buah cabai merah besar, buang bijinya dan iris serong kecil-kecil
  • 1 sdm asam jawa
  • 1 sdm gula merah, sisir halus
  • 1 ruas lengkuas, geprek
  • 2 lembar daun salam
  • Garam secukupnya
  • 3 lembar daun jeruk, iris tipis
  • Air secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng

Bumbu halus:

  • 10 buah bawang merah
  • 8 siung bawang putih
  • 3 buah cabai merah yang sudah kering, rendam sampai cabai tersebut mengembang

resep tempe orek

Cara membuat:

  1. Panaskan minyak dalam wajan, kemudian masukkan potongan tempe tersebut, goreng hingga tempe benar-benar kering kemudian tiriskan.
  2. Di wajan yang berbeda panaskan sedikit minyak, kemudian masukkan bumbu halus dan tumis hingga tercium aromanya. Masukkan tempe yang sudah digoreng sebelumnya, aduk-aduk hingga semuanya tercampur rata.
  3. Tambahkan air kedalam masakan tersebut, jangan lupa juga untuk memasukkan daun jeruk, cabai, asam jawa, gula merah, lengkuas, daun salam dan juga garam kedalam masakan tersebut, aduk-aduk hingga merata dan biarkan sampai semua air yang ada pada bahan makanan tersebut nantinya meresap dan kering sempurna.
  4. Setelah dirasa kering maka bisa matikan api dan tiriskan tempe tersebut, masukkan tempe korek yang sudah jadi kedalam wadah yang agaknya kedap udara, sehingga tahan lebih lama dan juga rasanya tetap renyah.

Adapun beberapa tips dalam memasak makanan yang satu ini agar rasanya lebih nikmat, diantaranya adalah:

  1. Sebaiknya gunakan api yang kecil saja, jangan gunakan api yang terlalu besar, karena nantinya akan membuat tempe tersebut mudah gosong. Jadi atur dan jaga api yang dipakai untuk memasak dengan baik.
  2. Sebelum dimasukkan dalam wadah atau toples, maka pastikan bahwa tempe orek tersebut sudah dalam kondisi yang dingin terlebih dahulu, hal ini dimaksudkan agar tidak ada uap yang menempel di permukaan toples dan membuatnya basah.
  3. Sebaiknya pakailah tempe yang sudah benar-benar jadi dan kondisinya agak kering agar tidak pecah ketika diiris tipis-tipis.