Manfaat Kentang dan Beragam Olahan Kentang

olahan kentang

Selain nasi maka jenis umbi-umbian yang kaya akan kandungan karbohidrat dan juga banyak dijadikan sebagai sumber makanan utama masyarakat adalah kentang. Pastinya banyak yang senang mengkonsumsi bahan makanan yang satu ini bukan, apalagi rasanya sendiri juga sangat nikmat, selain diolah dengan cara mengukus atau menggorengnya, sebenarnya masih banyak lagi aneka menu yang bisa dibuat dengan mengandalkan umbi-umbian tersebut. Jangan salah karena manfaat olahan kentang ini ternyata juga banyak sekali.

Asalkan dikonsumsi dalam jumlah yang tepat atau tidak berlebihan dan diolah dengan benar, maka akan memberikan banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Berikut ini diantara manfaat dari umbi-umbian tersebut bagi kesehatan, yaitu:

  1. Kaya akan antioksidan, sudah bukan rahasia lagi jika seandainya antioksidan ini memiliki peran yang sangat penting di dalam menangkal radikal bebas yang menjadi pemicu racun atau penyakit di dalam tubuh, kentang kaya akan senyawa flavonoid, asam fenolik hingga karetonoid yang semuanya memiliki peran sebagai antioksidan dalam tubuh.
  2. Dapat mengendalikan gula darah, umumnya mereka yang sudah memasuki usia 30 tahun dan bermasalah dnegan resistensi insulin maka rentan sekali mengalami penyakit diabetes melitus atau kencing manis, hal ini disebabkan karena kadar gula dalam darah tinggi. Tak lain berasal dari berbagai jenis makanan yang dikonsumsi. Namun dengan mengkonsumsi kentang dapat membantu dalam mengendalikan gula darah, asalkan dalam jumlah tepat.
  3. Melancarkan pencernaan, selain kaya akan kandungan karbohidrat maka umbi-umbian yang satu ini nyatanya juga kaya akan kandungan serat yang snagat bagus di dalam melancarkan pencernaan. Sehingga dapat mengurangi resiko terkena penyakit berbahaya seperti diantaranya adalah kanker perut.
  4. Dapat menjaga tekanan darah tetap normal, manfaat lainnya adalah dapat menjaga tekanan darah, karena kandungan kalium yang ada di dalam kentang ini cukup tinggi sehingga dapat merangsang pelebaran pembulu darah, mencegah terjadinya sumbatan dan penyempitan pembulu darah.
  5. Dapat menjaga kesehatan sistem syaraf dan juga fungsi otak, kandungan vitamin B6 yang ada di dalamnya secara efektif dapat menjaga kesehatan syaraf dan juga dapat mencegah terjadinya stress.
Baca Juga :  Aneka Masakan Ikan: Empek-Empek

Ada banyak sekali manfaat kentang yang bisa dibuat di rumah, selain dengan menggorengnya, mengingat ketika sudah digoreng nantinya umbi-umbian tersebut bercampur dengan minyak yang pastinya menjadi sumber lemak jahat atau kolesterol, berikut ini jenis olahan lainnya yang agaknya dapat dicoba:

olahan kentang

  1. Mashet potato, yaitu kentang yang dimasak dengan olahan susu, mentega dan juga keju, bentuknya seperti bubur kentang, namun pastinya dengan rasa yang lebih gurih.
  2. Potato au gratin, ini juga termasuk olahan kentang yang berasal dari luar negeri, dimana selai dimasak dnegan mengandalkan bahan dasar keju dan juga susu, nantinya akan ada beberapa bahan pelengkap layaknya udang dan juga sayur-sayuran yang akan membuat rasanya menjadi jauh lebih nikmat dan bergizi.
  3. Devilled potatoes, masih dengan bahan yang sejenis dengan mashed potato yaitu menggunakan kentang dan susu, nantinya kentang tersebut akan dibumbui dnegan lada, cabai dan juga presley sehingga rasanya agak spacy.

Dapatkan manfaat kentang dengan rutin mengkonsumsinya, bahan makanan yang satu ini agaknya juga tepat dijadikan sebagai pengganti nasi, bagi yang bosan dengan menu karbohidrat utama yaitu nasi.