Lima Kue basah yang Rasanya Manis

kue basah

Semua orang suka dengan camilan, tidak heran kalau banyak pedagang keliling yang menjajakan makanan ringan sebagai jualannya. Setelah makan, terkadang masih ingin makan lagi. Camilan biasanya dimakan sebelum makan berat. Kalau kita ikut kegiatan dari pagi, biasanya dapat snack untuk pengganjal lapar sebelum makan siang. Isi snacknya terdiri dari jajanan pasar yang umum ditemui agar menunda rasa lapar karena acara belum selesai.

Kue basah merupakan jajanan yang biasa terbuat dari tepung. Makanan ini biasanya ada dipasar karena termasuk jajanan pasar. Ada banyak kue basah lezat yang selalu membuat kangen untuk mencicipi terus. Jajanan ini memiliki banyak bentuk, warna, dan Teknik pembuatannya. Kue Basah biasanya menggunakan banyak air untuk masaknya, seperti dikukus atau direbus inilah alasan mengapa kue basah mudah basi karena pengolahannya banyak membutuhkan air.

Sebagai cemilan, kue basah ini bersifat mengenyangkan. BahanĀ  utamanya yang berupa tepung tentu memiliki karbohidrat yang dapat mengenyangkan. Teksturnya empuk dan lembut terkadang kenyal ini membuat banyak orang menyukai makanan ini.

Makanan ini sekarang sudah banyak dijual khusus di pasar kue subuh. Coba deh cari tahu kapan dan dimana tempat pasar kue subuh di tempat kalian. Pasti kalian akan menemukan makanan berikut :

  1. Serabi Kinca

Serabi sudah menjadi makanan yang umum di Jawa Barat. Di Bandung, jajanan serabi bisa dikreasikan macam-macam. Serabi dengan oncom, telur, daging buah dan lainnya. Serabi kinca adalah salah satu jenis dari serabi. Serabi Kinca berwarna hijau muda lantaran di beri pewarna hijau dari daun pandan. Daun pandan juga wangi untuk cita rasa Serabi. Perbedaan serabi ini dengan serabi umum ada dirasanya. Serabi Kinca umumnya tidak di beri toping apa-apa karena cairan gula merah sebagai pendamping serabi berwarna hijau ini.

  1. Carabikang
Baca Juga :  Resep Olahan Daging Sapi Praktis Yang Paling Diminati

Pernah dengar makanan ini? Yaps, makanan ini termasuk makanan manis yang tetap popular meskipun termasuk kue basah tradisional. Kue yang bentuknya seperti mangkuk dan merekah seperti mawar. Carabikang dihidangkan dengan aneka rasa serta warna, yang umum ditemukan adalah pandan, cokelat, dan moka. Carabikang mudah ditemukan di toko kue basah ataupun supermarket lho.

  1. Wingko

Wingko adalah oleh-oleh khas dari daerah Babat, Lamongan Jawa Timur. Seperti yang sudah biasa kita makan, Wingko rasanya manis. Bahan baku Wingko ialah kelapa parut, tepung ketan serta santan. Tidak heran walaupun keras, WIngko ini enak dijadikan camilan saat perjalanan. Karena jajanan ini merupakan oleh-oleh, seperti pie susu yang cara membuat pie susu tidak begitu sulit, Wingko ini laris dipasaran.

  1. Jongkong

Asing dengan nama ini? Mungkin sebagian orang asing dengan namanya, tetapi jika melihat bentuk dari jongkong pastilah tahu atau mungkin memang favorit dibeli di pasar kue subuh. Jongkong atau yang biasa disebut Jojongkong di daerah sunda ini memiliki rasa yang sangat nikmat dan gurih. Aroma daun pandan yang harum, dan legitnya jongkong ini sayangnya mulai sulit ditemui.

  1. Kue Talam

Kue talam mudah ditemukan dimana-mana. Kue Talah adalah salah satu jenis kue basah yang popular dijual sebagai makanan untuk buka puasa. Umumnya, kue talam dibuat dengan bahan baku tepung beras, tepung tapioka, tepung terigu atau tepung sagu. Tepung-tepung ini termasuk dalam kategori karbohidrat jadi ketika memakan kue talam, tidak heran kalau kalian akan kenyang.