Aneka Masakan Ikan: Empek-Empek

empek-empek

Pastinya banyak yang bosan dengan olahan ikan yang itu-itu saja, digoreng atau direbus dengan kuah. Padahal sebenarnya bahan makanan yang satu ini dikenal memiliki banyak sekali manfaat didalamnya, untuk kesehatan maupun kecantikan. Namun beberapa orang enggan untuk mengkonsumsinya dikarenakan memang olahan yang membosankan. Anda bisa mencoba beberapa kreasi empek-empek lewat beberapa buku resep atau tutorial dari Youtube.

Termasuk diantaranya adalah menu makanan yang berasal dari Palembang, yaitu aneka masakan ikan. Pastinya banyak yang sudah tidak asing dengan makanan yang satu ini bukan. Mengingat hampir di berbagai kota yang ada di Indonesia banyak sekali yang menjualnya. Pempek ini sebenarnya adalah olahan ikan yang dicampur dengan tepung, kemudian dibuat dalam beberapa bentuk adonan, diantaranya ada yang bulat, lonjong bahkan juga ada yang diisi dengan telur pada bagian dalamnya. Akan semakin nikmat disajikan dengan bumbu khasnya.

Di Palembang sendiri umumnya pempek ini dijadikan sebagai menu untuk sarapan atau makan pagi, namun di kota-kota lain umumnya pempek tersebut dijadikan sebagai jajanan pengganjal perut ketika lapar saja. Harga yang relatif terjangkau juga membuatnya banyak diburu oleh konsumen. Pempek ini sendiri umumnya dibagi dalam beberapa jenis yang wajib untuk Anda ketahui, sehingga tidak salah ketika membeli maupun ingin membuatnya sendiri, diantaranya adalah:

 

  1. Pempek lenjer, ini adalah pempek yang banyak disukai oleh masyarakat karena rasanya yang nikmat, lenjer ini sendiri adalah bentuk pempek tersebut yang memang menyerupai lenjeran atau lonjong dengan panjang yang bervariasi, ada yang mencapai 15 cm khususnya yang jumbo, namunjuga ada yang hanya setengahnya saja.
  2. Pempek kapal selam, tidak bisa dipungkiri jika seandainya pempek satu ini paling digemari oleh masyarakat, karena memang di bagian dalamnya diisi dengan kuning telur, sehingga rasanya menjadi lebih gurih, bentuknya sendiri juga menyerupai kapal selam, adona yang dipakai dalam pembuatan relatif masih sama dengan pempek lenjer, yaitu ikan dan tepung.
  3. Pempek adaan, pempek adaan mirip sekali dengan bakso ikan, hanya saja teksturnya memang sedikit lebih keras, bentuknya adalah bulat biasa dengan warna yang sama dengan pempek lenjer, berbeda dengan bakso ikan yang umumnya memiliki warna yang lebih putih.
  4. Pempek pistel, ini adalah pempek yang bentuknya mirip seperti pistel atau bulan sabit dengan isian di bagian dalamnya, umumnya ada yang memang diisi dengan telur, namun juga ada yang diisi menggunakan sayuran yang sudah dimasak dengan bumbu-bumbu sebelumnya.
  5. Pempek kulit, pempek kulit agak berbeda dibandingkan dengan pempek lainnya, karena memang bahan dasar pembuatannya sendiri adalah kulit ikan tenggiri, karena memang dari segi pembuatan yang jauh lebih rumit atau sulit, maka tawaran harganya sendiri juga agak lebih mahal dibandingkan dengan pempek lain, umumnya ada aroma khas dari pempek yang satu ini.
  6. Pempek keriting, bentuknya agak mirip dengan mie gulung namun teksturnya lebih keras, bahan dasarnya adalah pempek biasa, namun untuk pembuatannya dengan cetakan khusus.
  7. Pempek panggang, pempek yang dibuat dengan adonan pempek pada umumnya, namun pada bagian dalamnya diisi menggunakan ebi dan proses memasaknya dengan car dipanggang bukan digoreng.
Baca Juga :  Resep Es Teler dan Resep Es Campur