Cara Memasak Daging Soto Yang Perlu Anda Tahu

cara memasak daging

Siang identik dengan suasana yang panas. Jika konsumsi air dalam tubuh minim, maka bisa menyebabkan dehidrasi akut. Menu makan yang cocok salah satunya adalah olahan resep soto daging.  Untuk mempelajari resep ini, tidak perlu waktu lama. Variasi resep soto yang paling terkenal di Indonesia itu bernama resep soto ayam. Kenapa bisa sangat terkenal? Soalnya bahan-bahan yang digunakan cenderung ada di sekitar. Berbeda dengan variasi resep soto daging sapi, misalnya, yang lebih kompleks.

Ada berapa variasi bumbu soto daging yang terkenal? Mari kita simak beberapa masakan yang bisa Anda coba:

  • Soto Daging Santan

Cara memasak daging santan ini caranya adalah haluskan bumbu terlebih dahulu, cuci daging sapi terlebih dahulu sampai bersih. Setelah itu potong-potong dan rebu. Resep berikutnya masak bahan utama soto ini hingga empuk dan matang. Ulek bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, garam, kemiri, dan kunyit. Setelah itu, tumis bumbu yang sudah dihaluskan ke dalam minyak panas. Aduk-aduk. Jangan lupa tambahkan serai dan juga daun jeruknya. Setelah matang, masukkan hasil tumisan ke dalam air rebusan daging sapi tadi. Masak terus hingga terasa meresap. Masukkan juga gula, jangan lupa. Biar lebih sedap, tambahkan royco. Aduk terus kuahnya. Bila sudah terasa pas dan enak, tambahkan santan kara. Aduk kembali hingga matang secara sempurna. Matikan api dan sajikan ke dalam mangkuk. Untuk bikin sambalnya, ulek saja tomat dan cabai yang terlebih dahulu digoreng. Setelah itu campurkan dengan gula dan garam. Pasti hasil sotonya lebih mantap.

  • Soto Daging Sapi Solo

Soto daging ini cara membuatnya cukup mudah. Rebus daging ke dalam panci sampai benar-benar empuk. Kemudian angkat dan potong seukuran dadu. Setelah itu, masukkan kembali ke dalam panci tadi. Panaskan minyak goreng dan tumis bumbu yang sudah dihaluskan (bawang putih, bawang merah, ketumbar, merica, garam). Jangan lupa pula daun jeruk, daun salam, jahe, lengkuas, dan serai. Masak bumbu dengan cara ditumis. Setelah itu, masukkan ke dalam kaldu daging sapi sesuai resep. Aduk-aduk sampai soto matang. Setelah matang, jangan lupa sajikan bersama taoge, potongan seledri, dan kecap manis. Dijamin mantap.

  • Resep Soto Daging Madura Asli

Cara membuatnya adalah dengan cara rebus daging sapi hingga empuk. Biar mudah ketika dipotong-potong nanti. Haluskan semua bumbu, termasuk beras dan udang. Tapi tidak termasuk tomat, kemiri, dan cabai rawit, ya. Setelah halus, masukkan ke dalam air rebusan. Tambahkan kaldu sapi bubuk dan garam. Jangan lupa cek rasanya. Biar antara resep dengan praktik sejalan. Jika ada yang kurang, tambahkan. Jika kelebihan, cari cara agar bisa bikin rasa soto daging seimbang. Daging yang sudah direbus itu harap dipotong-potong. Atau diiris sesuai selera juga boleh. Masukkan ke dalam kuah yang baru saja Anda bikin. Aduk sampai benar-benar matang. Sajikan bersama bawang goreng dan sambal. Cara bikin sambalnya cukup mudah. Tinggal rebus cabai rawit, tomat, dan kemiri. Ulek bersama garam dan gula secukupnya.

  • Soto Daging Santan Kuning

Adapun caranya adalah cuci daging sapinya terlebih dahulu dan lemaknya dipotong dadu saja. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan (ketumbar, merica, kemiri, kunyit, jahe, bawang putih, bawang merah). Aduk-aduk sebentar di atas minyak kecil sampai layu dan agak kering. Masukkan daging dan lemak sapi ke dalam bumbu yang ditumis tadi. Aduk mereka hingga merata. Masukkan bumbu tambahan seperti santan kara dan air secukupnya saja. Aduk-aduk sampai merata. Tapi tidak mengaduk terus, ya. Asal rutin saja. Masukkan pula royco agar rasanya lebih sedap. Aduk hingga daging terasa empuk dan menyatu dengan bumbu resep. Jika belum bisa bikin masakan soto keseluruhan bertekstur seperti ini, agaknya Anda mesti kembali ke resep awal lagi.

Baca Juga :  3 Menu Masakan Rumahan yang Cocok Untuk Dipelajari Calon Istri